Tips Rafting Bagi Pemula

Tips Rafting Bagi Pemula

Kegiatan rafting merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan di outdoor, kegiatan rafting ini merupakan kegiatan pengarungan sungai dengan menggunakan media perahu karet serta perlengkapan lainnya. Kegiatan rafting ini juga asyik saat dilakukan bersama keluarga, teman juga sama asyiknya. Apabila sudah pernah mencoba rafting tentu akan ketagihan untuk mencobanya lagi. Namun sebelum melakukan kegiatan rafting ada beberapa tips rafting yang harus diperhatikan bagi pemula.

  1. Kondisi tubuh sehat

Sebelum rafting kondisi tubuh harus dalam keadaan sehat serta fit, agar saat rafting bisa berjalan dengan lancar. Jikalau sebelum lakukan rafting tubuh sudah merasa tidak enak badan bisa membatalkan rafting, supaya tidak terjadi hal hal yang tak diinginkan.

  1. Pakaian yang tepat

Biar saat rafting terasa nyaman, pastikan pakaian yang digunakan tidak merepotkan diri sendiri. Sebaiknya gunakan pakaian yang tidak mudah menyerap air sehingga saat rafting bisa merasa nyaman. Jika pakaian yang digunakan mudah sekali menyerap air dikhawatirkan peserta rafting terasa berat dengan baju yang digunakan. Dan jika ingin memakai sendal sebaiknya gunakan sandal gunung biar tidak mudah untuk terbawa arus.

  1. Perlengkapan rafting

Sebelum rafting jangan lupa memakai peralatan  keamanan seperti rompi pelampung dan juga helm supaya keselamatan peserta rafting tetap terjaga. Sesuaikan juga rompi pelampung dengan besar tubuh kita supaya nyamn juga saat raftingnya. Pilihlah juga helm yang melekat sempurna dengan kepala kita dan pastikan jangan kendor dan jangan gunakan helm yang terlalu sempit karena akan malah menyakiti dagu dan juga leher kita.

  1. Pemanasan

Sebelum memulai bermaian rafting lakukan dulu pemanasan walau hanya sebentar, sebab saat rafting tubuh akan selalu terkena guncangan dikhawatirkan tubuh kita ada yang keram sehingga menghambat perjalanan saat pengarungan. Lakukan juga pemanasan dengan sungguh sungguh dan jangan anggap remeh pemanasan, sebab pemanasan menjadi hal terpenting untuk kita sebelum melakukan rafting.

  1. Jangan panik saat jatuh

Jika sewaktu watu perahu terbalik dan kita tercebur jangan panik jika anda panik anda akan makin tenggelam dan bisa juga malah membuat kita terbentur dengan bebatuan di sungai. Dan saat tenggelam sebaiknya arahkan tubuh untuk menghadap ke atas dan terlentangkan badan seolah olah sedang berbaring di air. Pemandu pun jika tau anda jatuh akan segera membantu kita.

Peralatan yang disiapkan sebelum rafting

Sebelum rafting tentu ada peralatan yang harus disiapkan dulu supaya raftingnya semakin seru.

  1. Gunakan tabir surya atau sunblock

Tentu ketika bermain di outdoor semua orang ingin supaya kulitnya tetap terjaga, maka sebelum rafting gunakan sunblock untuk melindungi kulit kita dari efek sinar matahari. Dan pilih juga sunblock yang terkena air tidak mudah larut atau hilang.

  1. Gunakan waterproof atau tas anti air

Jika kita sedang melakukan aktivitas yang belum pernah dilakukan tentu ingin menyimpan kenangan tersebut dengan cara mengabadikan gambarnya, jika begitu kita harus menyediakan waterproof untuk kamera maupun handphone kita supaya tidak rusak akibat terkena air. Namun jika handphone sudah dibekali fasilitas tahan air maka tak perlu waterproof lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *